Search Hashtag & User

#Kajian Instagram Story & Photos & Videos

Kajian - 1.2m posts

Latest #Kajian Posts

  • 📎 PERBEDAAN ANTARA LALAI DAN LUPA
    .
    👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :
    .
    و الفرق بين الغفلة و النسيان . أن الغفلة ترك باختيار الغافل و النسيان ترك بغير اختياره . و لهذا قال تعالى : (و لا تكن من الغافلين) . و لم يقل : و لا تكن من الناسين . فان النسيان لا يدخل تحت التكليف
    .
    .
    Perbedaan antara sifat lalai dan lupa adalah: LALAI itu meninggalkan sesuatu karena pilihan sendiri. Sedangkan LUPA itu meninggalkan sesuatu tanpa kesengajaan.
    .
    🔴 Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
    .
    وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
    .
    "Dan janganlah engkau termasuk dari orang-orang yang lalai." (Qs. Al-A'raf 205)
    .
    🔴 Dan Allah tidak berfirman: "Dan janganlah kamu termasuk dari orang-orang yang lupa."
    .
    Ya, karena lupa tidak termasuk di luar ranah taklif (pembebanan syariat)
    .
    ____________________________
    .
    📚 Madarijus Salikin 2557
    .
    🌍 Web | shahihfiqih.com/mutiara-salaf/perbedaan-antara-lalai-dan-lupa/
    .
    🌐 Telegram : @shahihfiqih - bit.ly/1S3K8sW .
    📱 Instagram : Instagram.com/ShahihFiqih .
    📺 Twitter : twitter.com/shahihfiqih.
    💻 Facebook : facebook.com/shahihfiqih.
    .
    .
    #maksiat #jilbab #hijab #iman #amal #amalan #akidah #klaten #iman #fitnah #kajian #infokajian #lupa #dosa #munafik #posterdakwah #maksiat #taubat #rokokharam #haram #rokok #jilbab #pacaranharam #zina #maksiat #korupsi #politik #lisan
  • 📎 PERBEDAAN ANTARA LALAI DAN LUPA
.
👤 Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :
.
و الفرق بين الغفلة و النسيان . أن الغفلة ترك باختيار الغافل و النسيان ترك بغير اختياره . و لهذا قال تعالى : (و لا تكن من الغافلين) . و لم يقل : و لا تكن من الناسين . فان النسيان لا يدخل تحت التكليف
.
.
Perbedaan antara sifat lalai dan lupa adalah: LALAI itu meninggalkan sesuatu karena pilihan sendiri. Sedangkan LUPA itu  meninggalkan sesuatu tanpa kesengajaan.
.
🔴 Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
.
وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
.
"Dan janganlah engkau termasuk dari orang-orang yang lalai." (Qs. Al-A'raf 205)
.
🔴 Dan Allah tidak berfirman: "Dan janganlah kamu termasuk dari orang-orang yang lupa."
.
Ya, karena lupa tidak termasuk di luar ranah taklif (pembebanan syariat)
.
____________________________
.
📚 Madarijus Salikin 2557
.
🌍 Web | shahihfiqih.com/mutiara-salaf/perbedaan-antara-lalai-dan-lupa/
.
🌐 Telegram : @shahihfiqih - bit.ly/1S3K8sW .
📱 Instagram : Instagram.com/ShahihFiqih .
📺 Twitter : twitter.com/shahihfiqih.
💻 Facebook : facebook.com/shahihfiqih.
.
.
#maksiat #jilbab #hijab #iman #amal #amalan #akidah #klaten #iman #fitnah #kajian #infokajian #lupa #dosa #munafik #posterdakwah #maksiat #taubat #rokokharam #haram #rokok #jilbab #pacaranharam #zina #maksiat #korupsi #politik #lisan
  •  1  0 2 minutes ago
  • TAFSIR AYAT

    orang-orang muslim; yakni orang-orang yang mengesakan Allah, ikhlas kepada-Nya, dan memenuhi seruan-Nya, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
    .
    {أُولَئِكَ يُؤْتَوْنَ أَجْرَهُمْ مَرَّتَيْنِ بِمَا صَبَرُوا}
    .
    Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka. (Al-Qashash: 54)
    .
    Yakni mereka yang menyandang sifat-sifat tersebut adalah orang-orang yang beriman kepada kitab terdahulu dan kitab yang kemudian (Al-Qur'an). Karena itulah disebutkan oleh firman-Nya: disebabkan kesabaran mereka. (Al-Qashash: 54) dalam mengikuti perkara yang hak, sekalipun mengakui hal seperti itu merupakan suatu perbuatan yang sangat berat dirasakan oleh mereka.
    .
    Di dalam sebuah hadis sahih melalui riwayat Amir Asy-Sya'bi, dari Abu Burdah, dari Abu Musa Al-Asy'ari Radhiyallahu Anhu disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam pernah bersabda:
    .
    "ثَلَاثَةٌ يُؤتَونَ أجْرهم مَرّتَين: رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ آمَنَ بِنَبِيِّهِ ثُمَّ آمَنَ بِي، وَعَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَدَّى حَقَّ اللَّهِ وَحَقَّ مَوَالِيهِ، ورَجُل كَانَتْ لَهُ أمَة فَأَدَّبَهَا فَأَحْسَنَ تَأْدِيبَهَا ثُمَّ أَعْتَقَهَا فتزوَّجها"
    .
    Ada tiga macam orang yang pahalanya diberi dua kali, yaitu seorang lelaki dari kalangan Ahli Kitab yang beriman kepada nabinya, kemudian beriman kepadaku; seorang hamba sahaya yang menunaikan hak Allah dan hak majikannya; dan seorang lelaki yang mempunyai seorang budak perempuan, lalu ia mendidiknya dengan baik, kemudian memerdekakannya dan mengawininya.
    .
    (bersambung di koment).
    .
    .
    ----------
    📔 Tafsir Ibnu Katsir
    @asihdianip

    #tafsir #tafsirquran #tafsiribnukatsir #ibnukatsir #Islam #islamic #sunnah #dakwahsunnah #kajiansunnah #dakwahislamid #dakwah #dakwahislam #DakwahIndonesia #dakwahtauhid #dakwahsalaf #kajiandakwah #kajian #infokajian #salaf #ngaji #quran #tauhid #dakwah #hadits #shahih #hadistshahih #hadith #shahihhadith
  • TAFSIR AYAT

orang-orang muslim; yakni orang-orang yang mengesakan Allah, ikhlas kepada-Nya, dan memenuhi seruan-Nya, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
.
{أُولَئِكَ يُؤْتَوْنَ أَجْرَهُمْ مَرَّتَيْنِ بِمَا صَبَرُوا}
.
Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka. (Al-Qashash: 54)
.
Yakni mereka yang menyandang sifat-sifat tersebut adalah orang-orang yang beriman kepada kitab terdahulu dan kitab yang kemudian (Al-Qur'an). Karena itulah disebutkan oleh firman-Nya: disebabkan kesabaran mereka. (Al-Qashash: 54) dalam mengikuti perkara yang hak, sekalipun mengakui hal seperti itu merupakan suatu perbuatan yang sangat berat dirasakan oleh mereka.
.
Di dalam sebuah hadis sahih melalui riwayat Amir Asy-Sya'bi, dari Abu Burdah, dari Abu Musa Al-Asy'ari Radhiyallahu Anhu disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam pernah bersabda:
.
"ثَلَاثَةٌ يُؤتَونَ أجْرهم مَرّتَين: رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ آمَنَ بِنَبِيِّهِ ثُمَّ آمَنَ بِي، وَعَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَدَّى حَقَّ اللَّهِ وَحَقَّ مَوَالِيهِ، ورَجُل كَانَتْ لَهُ أمَة فَأَدَّبَهَا فَأَحْسَنَ تَأْدِيبَهَا ثُمَّ أَعْتَقَهَا فتزوَّجها"
.
Ada tiga macam orang yang pahalanya diberi dua kali, yaitu seorang lelaki dari kalangan Ahli Kitab yang beriman kepada nabinya, kemudian beriman kepadaku; seorang hamba sahaya yang menunaikan hak Allah dan hak majikannya; dan seorang lelaki yang mempunyai seorang budak perempuan, lalu ia mendidiknya dengan baik, kemudian memerdekakannya dan mengawininya.
.
(bersambung di koment).
.
.
----------
📔 Tafsir Ibnu Katsir
@asihdianip

#tafsir #tafsirquran #tafsiribnukatsir #ibnukatsir #Islam #islamic #sunnah #dakwahsunnah #kajiansunnah #dakwahislamid #dakwah #dakwahislam #DakwahIndonesia #dakwahtauhid #dakwahsalaf #kajiandakwah #kajian #infokajian #salaf #ngaji #quran #tauhid #dakwah #hadits #shahih #hadistshahih #hadith #shahihhadith
  •  0  1 2 minutes ago
  • [MASALAH]
    .
    Kawan, saat masalah hadir menyapa hidup kita, sebagian besar orang pasti berpikir, kok masalah seperti ini bisa hadir dalam hidup saya? Ih emang saya bisa gtu ngehadapin masalah ini? Wah musibah deh nih kalau udah ada masalah seperti ini.
    .
    Pikiran seperti itu pasti hinggap pada diri kita. Tapi pernahkah kita terpikirkan, ya kenapa juga hal ini tidak terjadi pada diri kita? Bukankah Allah ngasih masalah sepaket dengan solusinya?
    .
    Tapi satu hal, gimana caranya masalah ini tidak jadi musibah?
    .
    Ternyata, kuncinya ada pada cara kita menghadapi masalah itu. .
    "Masalah akan jadi musibah kalau dihadapi dengan keluh kesah. Masalah akan jadi anugerah kalau dihadapi dengan penuh syukur dan ucapan Alhamdulillah." (Dewa Eka Prayoga)
    .
    Ya, ternyata yang buat jadi berat pada diri kita adalah pikiran dan rasa kita dalam menghadapi masalah.
    .
    Coba kita hadapi masalah itu dengan penuh syukur, bukankah ada kelapangan hati yang meliputi? Bukankah ada keyakinan akan kasih sayang Allah yang sedang hadir dalam hidup kita? Bukankah ada keyakinan hikmah selepas masalah ini akan buat hidup kita lebih bermakna? Dan bukankah selepas rasa syukur, ada berlimpah-limpah karunia yang akan Allah berikan?
    .
    Maka hadapilah masalah dengan rasa syukur dan ucapan Hamdalah, jauhilah sifat berkeluh kesah. Semoga Allah jadi bantu penyelesaiannya masalah kita. Aamiin
    .
    #edelweiss #berkaryauntukmengabadi #iman #islam #dakwah #kajian #sunnah #masalah #musibah #ujian #berbagisemangat #baikbareng #ayolebih8aik #bandung #lembang
  • [MASALAH]
.
Kawan, saat masalah hadir menyapa hidup kita, sebagian besar orang pasti berpikir, kok masalah seperti ini bisa hadir dalam hidup saya? Ih emang saya bisa gtu ngehadapin masalah ini? Wah musibah deh nih kalau udah ada masalah seperti ini.
.
Pikiran seperti itu pasti hinggap pada diri kita. Tapi pernahkah kita terpikirkan, ya kenapa juga hal ini tidak terjadi pada diri kita? Bukankah Allah ngasih masalah sepaket dengan solusinya?
.
Tapi satu hal, gimana caranya masalah ini tidak jadi musibah?
.
Ternyata, kuncinya ada pada cara kita menghadapi masalah itu. .
"Masalah akan jadi musibah kalau dihadapi dengan keluh kesah. Masalah akan jadi anugerah kalau dihadapi dengan penuh syukur dan ucapan Alhamdulillah." (Dewa Eka Prayoga)
.
Ya, ternyata yang buat jadi berat pada diri kita adalah pikiran dan rasa kita dalam menghadapi masalah.
.
Coba kita hadapi masalah itu dengan penuh syukur, bukankah ada kelapangan hati yang meliputi? Bukankah ada keyakinan akan kasih sayang Allah yang sedang hadir dalam hidup kita? Bukankah ada keyakinan hikmah selepas masalah ini akan buat hidup kita lebih bermakna? Dan bukankah selepas rasa syukur, ada berlimpah-limpah karunia yang akan Allah berikan?
.
Maka hadapilah masalah dengan rasa syukur dan ucapan Hamdalah, jauhilah sifat berkeluh kesah. Semoga Allah jadi bantu penyelesaiannya masalah kita. Aamiin
.
#edelweiss #berkaryauntukmengabadi #iman #islam #dakwah #kajian #sunnah #masalah #musibah #ujian #berbagisemangat #baikbareng #ayolebih8aik #bandung #lembang
  •  7  0 6 minutes ago
  • [ PERSIAPAN YANG DILAKUKAN DISAAT MENUNGGU JODOH ]
    ...
    Menikah merupakan dambaan setiap insan manusia. Menikah juga tak hanya sarana menyalurkan cinta dan nafsu belaka tanpa menuai pahala dari Allah Ta’ala. Menjadi keluarga yang bahagia, penuh dengan rasa cinta dalam rumah tangga merupakan impian dan idaman. Sungguh indah bersanding dengan seorang yang didambakan. Maka tak heran jika ada yang memasang berlembar-lembar kriteria diajukan demi mendapatkan pasangan yang diimpikan.
    .
    Mematok seabrek kriteria bukanlah hal yang salah, karena setiap orang mengidamkan pasangan terbaik sebagai pasangan hidupnya demi kebahagiaan rumah tangga kelak. Namun, ingatlah bahwa kriteria-kriteria itu bukanlah harga mutlak. Karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia. Layaknya matahari dan bulan, mereka sama-sama memiliki fungsi sendiri-sendiri. Bulan datang ketika malam tiba memberikan penerangan dalam kegelapan malam. Pun dengan matahari yang datang memberikan cahaya terbaiknya untuk menghangatkan bumi pertiwi.
    .
    Termotivasi dan berkeinginan menikah sampai mencapai level tertentu merupakan anugerah yang indah dari Allah Ta’ala. Dengan menyadari bahwa laki-laki dan perempuan merupakan kekuasaan-Nya, Allah Ta’ala berfirman,
    .
    وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
    .
    “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ” (QS. Ar-Ruum: 21)
    .
    Jazakumullahu khairan
    ...
    👤 Ustadz DR Khalid Basalamah
    📚 Al-Qur'an & Hadits Shahih
    📖 Postingan Pengingat Diri
    __________________
    @yogicahyono_ 2019 #yogicahyono_
    (Semoga Bermanfaat ^^)
    #Menikah #NasehatDiri #UstadzKhalidBasalamah #1MinuteBooster #NikahMuda #Taaruf #Sunnah #Salaf #Islam #HambaAllah #Muslim #Muslimah #Khitbah #Ikhwan #Akhwat #Hijaber #Tauhid #KajianSemangat #KajianIslam #KajianSunnah #Kajian
  • [ PERSIAPAN YANG DILAKUKAN DISAAT MENUNGGU JODOH ]
...
Menikah merupakan dambaan setiap insan manusia. Menikah juga tak hanya sarana menyalurkan cinta dan nafsu belaka tanpa menuai pahala dari Allah Ta’ala. Menjadi keluarga yang bahagia, penuh dengan rasa cinta dalam rumah tangga merupakan impian dan idaman. Sungguh indah bersanding dengan seorang yang didambakan. Maka tak heran jika ada yang memasang berlembar-lembar kriteria diajukan demi mendapatkan pasangan yang diimpikan.
.
Mematok seabrek kriteria bukanlah hal yang salah, karena setiap orang mengidamkan pasangan terbaik sebagai pasangan hidupnya demi kebahagiaan rumah tangga kelak. Namun, ingatlah bahwa kriteria-kriteria itu bukanlah harga mutlak. Karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia. Layaknya matahari dan bulan, mereka sama-sama memiliki fungsi sendiri-sendiri. Bulan datang ketika malam tiba memberikan penerangan dalam kegelapan malam. Pun dengan matahari yang datang memberikan cahaya terbaiknya untuk menghangatkan bumi pertiwi.
.
Termotivasi dan berkeinginan menikah sampai mencapai level tertentu merupakan anugerah yang indah dari Allah Ta’ala. Dengan menyadari bahwa laki-laki dan perempuan merupakan kekuasaan-Nya, Allah Ta’ala berfirman,
.
وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
.
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ” (QS. Ar-Ruum: 21)
.
Jazakumullahu khairan
...
👤 Ustadz DR Khalid Basalamah
📚 Al-Qur'an & Hadits Shahih
📖 Postingan Pengingat Diri
__________________
@yogicahyono_ 2019 #yogicahyono_
(Semoga Bermanfaat ^^)
#Menikah #NasehatDiri #UstadzKhalidBasalamah #1MinuteBooster #NikahMuda #Taaruf #Sunnah #Salaf #Islam #HambaAllah #Muslim #Muslimah #Khitbah #Ikhwan #Akhwat #Hijaber #Tauhid #KajianSemangat #KajianIslam #KajianSunnah #Kajian
  •  6  0 6 minutes ago
  • لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ
  • لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ
  •  7  1 10 minutes ago
  • Dengerin dulu videonya hingga selesai karena video ini pas banget, pas banget malam Ahad maksudnya 😁💛
    .
    .
    .
    Tag teman kamu yak
    .
    .
    .
    Reposted from @as.sajadah - _

    AYATNYA PARA JOMBLO
    .
    وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
    .
    “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32).
    .
    Di antara tafsiran Surat An Nur ayat 32 di atas adalah: jika kalian itu miskin maka Allah yang akan mencukupi rizki kalian. Boleh jadi Allah mencukupinya dengan memberi sifat qona’ah (selalu merasa cukup) dan boleh jadi pula Allah mengumpulkan dua rizki sekaligus (Lihat An Nukat wal ‘Uyun). Jika miskin saja, Allah akan cukupi rizkinya, bagaimana lagi jika yang bujang sudah berkecukupan dan kaya?
    .
    Dari ayat di atas, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,
    .
    التمسوا الغنى في النكاح
    “Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah.”
    .
    GERAKAN TETAP IKHTIAR MENCARI JODOH DAN RIZKINYA
    .
    📌 Mari sebarkan ilmu kebaikan walaupun semenit, insya Allah akan menjadi ladang Amal Jariyah buat diri anda dan orng lain
    .
    .
    .
    .
    .
    #islam #islami #muslim #muslimindonesia #muslimah #muslimahindonesia #wanita #wanitaindonesia #perempuan #perempuanindonesia #sunnah #ibadah #nasehatislam #hijrah #pemudahijrah #kajian #beraniberhijrah #takwa #temanhijrah #sahabathijrah #tawakal #kawanhijrah #wanitamuslimah #perempuanmuslimah #wanitasaleha #wanitahijab #muslimahmudamendunia #muslimahhijrah #muslimahberdakwah
  • Dengerin dulu videonya hingga selesai karena video ini pas banget, pas banget malam Ahad maksudnya 😁💛
.
.
.
Tag teman kamu yak
.
.
.
Reposted from @as.sajadah -  _

AYATNYA PARA JOMBLO
.
وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
.
“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32).
.
Di antara tafsiran Surat An Nur ayat 32 di atas adalah: jika kalian itu miskin maka Allah yang akan mencukupi rizki kalian. Boleh jadi Allah mencukupinya dengan memberi sifat qona’ah (selalu merasa cukup) dan boleh jadi pula Allah mengumpulkan dua rizki sekaligus (Lihat An Nukat wal ‘Uyun). Jika miskin saja, Allah akan cukupi rizkinya, bagaimana lagi jika yang bujang sudah berkecukupan dan kaya?
.
Dari ayat di atas, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,
.
التمسوا الغنى في النكاح
“Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah.”
.
GERAKAN TETAP IKHTIAR MENCARI JODOH DAN RIZKINYA
.
📌 Mari sebarkan ilmu kebaikan walaupun semenit, insya Allah akan menjadi ladang Amal Jariyah buat diri anda dan orng lain
.
.
.
.
.
#islam #islami #muslim #muslimindonesia #muslimah #muslimahindonesia #wanita #wanitaindonesia #perempuan #perempuanindonesia #sunnah #ibadah #nasehatislam #hijrah #pemudahijrah #kajian #beraniberhijrah #takwa #temanhijrah #sahabathijrah #tawakal #kawanhijrah #wanitamuslimah #perempuanmuslimah #wanitasaleha #wanitahijab #muslimahmudamendunia #muslimahhijrah #muslimahberdakwah
  •  6  0 11 minutes ago